Monday 24 May 2010

Jenazah Astronom Copernicus Dimakamkan Kembali





Jenazah astronom ternama abad ke 16 Nicolaus Copernicus dimakamkan kembali dalam upacara dihadiri ratusan orang di Katedral di kota Frombork, Polandia Utara. Copernicus peletak dasar pemahaman Tata Surya bahwa Planet Bumi mengelilingi Matahari.
Jenazah Nicolaus Copernicus dimakamkan kembali dalam upacara dihadiri ratusan orang di Katedral di kota Frombork, Polandia Utara, Ahad (23/5) waktu setempat. Dalam upacara penghormatan juru bicara Katedral mengatakan, "Peti jenazah berisi jenazah Copernicus diletakkan di bawah altar katedral."

Walaupun jenazah sang astronom tentunya sudah tidak utuh lagi, sang juru bicara menambahkan, namun berkat kemajuan teknologi para ahli berhasil melakukan analisis DNA dan mengidentifikasi jenazahnya selama dua tahun ini. "Sebuah batu nisan terbaik telah disiapkan di lokasi pemakaman baru bagi pahlawan nasional ini", katanya.

Seorang penduduk lokal mengatakan, "Copernicus merupakan kebanggaan masyarakat Polandia dan prosesi pemakamannya kembali memberikan pengaruh besar bagi Bangsa." Selain sebagai astronom Copernicus juga pernah menjadi Imam Katedral, kala itu berhasil mengubah pemikiran dasar tentang tata surya dengan teorinya bahwa Bumi berputar mengelilingi Matahari, dan bukan sebaliknya sebagaimana keyakinan masyarakat waktu itu.

No comments:

Post a Comment